Tuesday, November 29, 2005

aku bukan aktivis kok!

"aku bukan aktivis!!!"
kulontarkan kalimat itu kepadanya di hari itu,
ketika ia menyindirku tentang aksi-aksi yang kuikuti dan kudiskusikan dengan semangat.
ya, aku memang bukan aktivis,
aku hanya berusaha untuk peduli dan tak pura2 bisu, buta, serta tuli...
aku hanya melakukan apa yang hatiku bilang layak aku lakukan...
dan karenanya aku bukan aktivis!

ia masih mengejarku dengan rentetan pertanyaan tentang segala yang kulakukan di hari hari kemarin...tentu, sambil menyebutku sebagai aktivis...
tolonglah...harus berapa kali kukatakan aku bukan aktivis?
aku tak begitu menyukai status kata2 "aktivis" itu...
aku tidak meneriakkan idealisme bulat2 seperti yang dilakukan rekan-rekanku yang memang aktivis itu,
aku tidak mengikuti alur yang mereka buat dan mereka jalani,
aku orang bebas!
aku tidak terikat!
dan karenanya aku tak ingin disebut aktivis...
karena aku tidak pernah benar-benar aktif...

aku berbuat atas nama aku dan nuraniku,
aku berseru atas nama kepedulianku,
dan aku yang bertanggungjawab atas itu...

see? aku bukan aktivis!
meski dia masih saja menjejaliku dengan segudang teorinya tentang semua aktivitasku yang lebih banyak ada di luar kelas daripada di dalam,
meski dia masih menganjurkanku untuk mengikuti satu alur jalan yang jelas dan punya kekuatan,
tapi aku ingin jadi manusia bebas!
bebas, tanpa harus diberi embel-embel status lain dulu...selain status "manusia" yang kusandang sekarang ini...

4 comments:

  1. ayo cuekkin aja.... emang dia siapa bisa melabel seseorang...? lagian kenapa dia ngotot banget ngelabel kk smile aktivis? =/

    ReplyDelete
  2. di cap aktivis ya gak papa.... drpd di cap pasivis :::> org yg pasif melulu ^_^

    ReplyDelete
  3. ayooo demo !
    btw.. tidak selalu orang yg suka demo/aktivis adalah orang2 kritis, banyak yang hanya sekedar ikut2an, biar ada kerjaan gitu.

    ReplyDelete
  4. hehehe...yah, akhirnya itu semua emang balik ke masalah persepsi masing-masing orang ya?
    @ gonezhar: untungnya saya nggak ikut2an doang...=P

    ReplyDelete