tulisan. gambar. foto. apapun. adalah tentang diri. adalah tentang hidup yang tidak begitu-begitu saja. perubahan adalah perubahan dan itu [semacam] sesuatu yang selalu ada. adalah tentang isi kepala yang berisik dan memaksa dikeluarkan.
Tuesday, January 01, 2008
rasanya, gw kehilangan banyak...
padahal kalo dlihat-lihat, aktivitas gw menurun drastis dari sebelumnya,
cuman skripsi, rumah, dan warung si Ibu yang mesti gw urusin,
gw lelah,
atau gw muak?
jenuh dengan kehidupan yang stabil dan berkutat pada konflik klasik yang gw coba hadapi dengan bertahan dan bukan lagi berontak?
mungkin iya, atau juga tidak.
gw jadi kangen masa-masa gw di kampus, kuliah dan tugas-tugas gw, aktivitas bem dan segala macam protes yang kata temen-temen gw sekarang "nggak guna", waktu-waktu nongkrong di koridor kampus sambil ngebahas tetek bengek 'perjuangan' yang abstrak dan menurut gw membingungkan karena ada terlalu banyak kepentingan,
gw kangen motret, menggelandang di jalan sambil nenteng kamera dan nggak peduli kalo dianggap gembel, muterin kampung-kampung sambil belajar mahamin apa yang ingin gw foto...
kalo waktu bisa diputer, mungkin ada satu keputusan yang akan gw batalin,
keputusan untuk ninggalin dunia gw yang hiruk pikuk itu demi sebuah kestabilan hidup dan sesuatu bernama skripsi yang katanya berujung pada masa depan gw...
gw jadi merasa kehilangan sebagian diri gw, kehilangan dunia gw yang sempat membuat gw stress berkepanjangan...
gw nggak ingin menyesali hidup, nggak ingin menyesali keputusan-keputusan yang sudah gw buat dalam hidup gw...
gw kangen masa-masa bebas gw...saat-saat dimana gw merasa punya keyakinan yang harus gw perjuangkan, masa-masa yang melelahkan, kadang sia-sia, tapi membuat gw merasa bahwa gw memang manusia, bukan boneka tali yang dimainkan orang lain dan bisa dijadikan apa saja...
bukan salah siapa-siapa kalau hidup gw berubah drastis,
situasi yang membuatnya begini,
gw sendiri yang memutuskan menggiring diri gw dalam kehidupan yang seperti ini,
dan gw tau gw nggak mungkin balik lagi ke dunia yang lama...
karena waktu sudah nggak lagi memungkinkan...
gw cuman capek,
mungkin gw memang cuman capek,
atau sekedar desperate gara-gara skripsi,
tapi asli,
gw kangen sama semangat pemberontakan itu,
karena kadang gw muak dengan kompromi...
Thursday, December 06, 2007
mungkin gw nggak cukup aneh...
kata dia gw aneh...
apanya? banyak. lebih tepatnya, hampir semua.
gw nyaris nggak pernah tau siapa yang nyanyiin lagu-lagu yang ada di playlist miliknya, dan kalaupun dia sebut nama yang nyanyi, biasanya gw akan nanya, "emang itu siapa?" disusul gerutuan dia...
kelas 3 SMP gw masih maen boneka barbie sendirian, dan -entah kenapa- gw sama sekali nggak ngerasa malu saat itu. sama sekali nggak peduli meski temen gw bilang "ih, udah gede kok masih maen barbie". gw baru ngeh kalo hal itu ternyata aneh ketika SMA kelas 3 hampir berakhir...
soal film? kalo nggak diajak nonton, dijamin gw nggak akan pernah pengen nonton. Cuman sejak tahun ke-3 kuliah gw baru peduli sama referensi film-film bagus menurut temen-temen gw. untung sekrang-sekarang dia lumayan rajin ngajakin gw ngomongin dan nonton film. tapi tetep aja, mendingan jangan nanya film sama gw.
saat temen-temen gw dulu ngomongin band dan boyband baru, gw lebih suka ngomongin kebijakan pemerintah yang baru... udah gitu gw nggak punya majalah Gadis atau Aneka, yang gw punya itu Tempo sama Forum. makanya temen gw suka bete... tapi dulu mereka pikir gw pasti akan ambil ilmu politik kalo kuliah, taunya gw masuk humas...
gw nggak betah diem di kelas. satu jam udah terlalu lama buat gw duduk manis dan diam tanpa interaksi. satu jam benar-benar sangat terlalu lama. biasanya gw akan mengalihkan perhatian dari guru (waktu sekolah) dan dosen (waktu kuliah) setelah setengah jam pertama berlalu, kemudian mulai coret-coret buku,nulis-nulis sendiri, miskol-miskol temen gw yang duduk di bangku depan, atau ngerusak kursi. huh.
dan gw cerita ke dia tentang itu semua. dilengkapi beberapa cerita lain yang sebaiknya tidak gw tulis demi menyelamatkan persatuan dan kesatuan bangsa. *loh?*
kemudian dia bilang gw aneh...
tapi kata gw kayaknya gw nggak seaneh itu deh...
cuman nggak tau juga... temen gw yang satu lagi bilang: orang gila aja nggak mau ngaku ka kalo dia gila? yah...terus apa hubungannya sama gw?
dan waktu dia ngomongin soal eksibisionis (bener ga nulisnya gini? kayaknya sih engga...), gw nanya, eksi... itu apa? terus dia diem dan liatin gw, dan nanya "kamu beneran nggak tau?" setelah gw ngangguk, dia nepok jidat dan bilang "ampun...kamu ngapain aja sih selama ini?" Lah...mana gw tau?
akhirnya gw pasrah mau dibilang apa juga...
soalnya setelah gw cerita tentang hal-hal itu sama beberapa orang lainnya, mereka sepaham dengannya. sumpah, gw nggak pernah ngerasa kalo itu aneh, cuman emang gw pernah ngerasa 'ditinggal' sama temen-temen gw... ketika mereka udah ada di suatu "masa", gw baru ngerasain kondisi "masa" itu dua tahun kemudian, ketika mereka sudah pindah ke "masa" yang lainnya...hah...capek de...
kok gw jadi nulis kayak ginian?
nah gw juga nggak tau...tiba-tiba jari-jari gw bergerk sendiri...hohoho... nggak ada alesan apa-apa...gw cuman lagi kepikiran soal itu... karena kata dia gw aneh dan kata dia yang lainnya gw nggak bisa diprediksi. padahal kata gw sih gw sama sekali bukan orang yang rumit. lo tinggal menyamakan frekuensi otak...hehehe...
semoga dia nggak baca tulisan ini...nanti dia bilang gw makin aneh...
*andhinyanglagimaleskekampusbuatngurusinskpembimbingyangnggakjadijadi*
Monday, November 26, 2007
tentang buku-buku ituh...
Entah kenapa sekarang gw jadi begitu keranjingan membaca ulang buku-bukunya Raditya Dika yang ada di tangan gw...
KambingJantan, Cinta Brontosaurus, dan Bukan Binatang Biasa...
Gw pikir sebagian besar orang akan sepakat setuju dan seia sekata kalo gw bilang buku-buku ini sinting dan menularkan kesintingannya...
At least buat gw begitulah adanya,
Pertama kali gw menemukan buku KambingGilaBerkelaminJantan (maap ye...) adalah saat gw berada di puncak stress menuju ospek maba 2004 (apa 2005? Lupa...) yang bikin gw selalu pengen nusuk orang pake lingis dari belakang...huh...
Untungnya, baca buku tentang cara ngurusin kambing yang bisa nulis itu (huhu...) cukup meredakan agresi gw yang nggak jelas...
Gw yang awalnya cuman niat pinjem (maklumin dong, gw kan mahasiswa...:P) akhirnya jadi beli sendiri...
Tapi akhirnya gw nyesel udah beli itu buku, soalnya belom dua minggu gw beli, itu buku udah ancur dipinjem keliling sama anak-anak...
Hiks..hiks...
*berlebihan mode:ON*
but, it’s serious...:)
Buku-buku dia membantu gw tertawa lepas, mengusir atmosfer murung yang selama ini dibawa roh pelindung gw yang sebenernya nggak pernah ada itu...
Gw bersyukur ada orang yang nulis buku kaya gitu...
Hidup udah terlalu serius buat gw kadang2, ditambah dengan semua sisi melankolis gw yang mendarah daging, semua hal jadi terlihat mesti diseriusin...
Sampai akhirnya gw muak, tapi nggak tau mesti ngapain, karena lingkungan gw juga sama seriusnya seperti gw...
sama pesimisnya dengan gw...
Dan tiba-tiba ada kambing nulis buku...^^;
Thanks God...:)
Hm...Sekarang gw lagi pegang buku yang cinta brontosaurus...
Buku yang ini juga nongol di depan gw pada saat yang tepat,
Yah, tepat ketika gw putus...:'(
Buku geblek ini sempet bikin gw nangis-nangis histeris (ugh!) saat gw putus dari orang yang gw sayang karena alesan yang masuk akal tapi nggak masuk hati...
Sialan.
Tapi toh gara-gara baca buku ini juga gw jadi belajar, kalo hidup itu indah, dan meskipun sedikit gila (atau banyak?) tetep aja bisa indah...
Lumayan banyak pelajaran luar biasa yang gw dapet saat gw nikmatin isinya, setidaknya soal frame idup tadi...:) Lebih banyak dari yang gw dapet saat sengaja baca buku motivasi idup atau buku cara bikin sop ayam yang jadi best seller itu.
Nggak tau apakah hal yang sama terjadi pada orang lain apa enggak...yang jelas gw seneng karena menemukan cerita-cerita yang bikin gw kangen berat sama jaman-jaman masih segede tuyul dulu...hehehe...
mm...dan buku yang Bukan Binatang Biasa?
Hohoho...kalo yang ini kerjaan adek gw...
Suatu hari sepulang sekolah dia jejeritan bilang ke gw yang lagi nemplok depan komputer, dan terjadilah percakapan sebagai berikut:
“kak! Ada buku barunya si itu tuh, orang goblok yang bikin buku kambing jantan! Tadi aku liat di gramed...”
“Oh ya? Judulnya apa?”
“Bukan BINTANG Biasa”
“Hah? Emang ada hubungan apa sama grup BBB?”
“Nggak tau tuh...”
“Beli gih,”
“Nggak ada duit”
“Yaudah pinjem dulu, kalo bagus beli!”
”Iya besok...”
.....
dan besoknya, dia bawa buku warna coklat bertuliskan Bukan BINATANG Biasa,
yah...beda tipis sama judul yang adek gw bilang kemaren, tapi artinya beda jaoh banget...
Bintang dan Binatang...
Oh my...
Untungnya ini buku nggak berhubungan dengan sesuatu yang gw khawatirkan kemarin...
Gw udah cemas aja, jangan-jangan di dalam buku itu bakal ada lirik lagu aneh a la Raditya Dika yang berjudul sama dengan bukunya...oh NO...
Tapi alhamdulillah enggak...hehehe...
Soal gilanya buku ini ga usah dibahas, soal bagaimana dia menginspirasi gw untuk segera menyelesaikan skripsi sebelum ketemu badut gila (Heuheu...) juga lebih baik gw aja yang tau...huhuhu...
Dan mungkin gara-gara baca bukunya dia kelewat sering itulah idup gw jadi seperti ini sekarang.
Ngaco, ancur, tapi bisa gw nikmatin..;D
Tiba-tiba aja kemampuan ngegaring gw bertambah, rasa malu berkurang, dan penyakit lupa gw bertambah parah dengan manisnya. Argh...
Melow gw tetep dong ada...negative thinking gw juga masih suka nyelip2,
tapi sekarang gw bisa segera ketawa lagi sesudah nangis...
bisa bahagia kembali dengan cepat setelah merasa jadi orang paling sengsara sedunia,
bisa lebih bersyukur atas apa yang gw terima dari tuhan sekarang ini...
Thanks to Raditya Dika...
Terimakasih sudah membagi tawa lewat buku-buku itu...:)
Monday, November 12, 2007
cinta dan jatuh, apa hubungannya???
entah kenapa hari ini saya banyak menemukan kata CINTA dimana-mana...
ada apa?
karena musim hujankah?
ada hubungannya kah antara musim hujan dengan cinta?
saya nggak tau...
yang jelas saya lagi melankolis,
lagi jadi penikmat musik yang bicara tentang sesuatu yang katanya bernama cinta...
dan gara-gara mendengarkan segala jenis lagu dengan tema yang paling laku di Indonesia itu, saya jadi memikirkan berbagai hal...
tentang cinta, tentunya...
ternyata ada buaaanyaaaaakkk banget cara orang ngeliat si cinta ini,
ada yang buka mata lebar-lebar,
ada yang agak2 disipitin karena silau kali,
ada yang merem aja, mo nabrak apa juga ga papa asal ada cinta,
ada yang pake sebelah mata,
ada yang....
emh, pake lensa pembesar gara-gara masih nggak bisa nemuin yang mana sih si cinta itu...
hehehe....
termasuk yang manakah saya?
it depends on d situation ternyata...
saya bingung kalau ditanya pernah jatuh cinta atau enggak,
soalnya saya belum punya definisi cinta yang pasti untuk diri saya...
paling yang ada pendapat per bagian alis clue...
masa bodo dengan semua definisi orang, saya pengen punya definisi saya sendiri...
karena buat saya, cinta itu personal, itu privasi saya, itu hak saya, dan saya yang nentuin yang saya rasain itu cinta atau bukan...
nggak segampang itu?
memang enggak...
seringkali saya bimbang, apalagi setelah curhat, soalnya biasanya sang pemberi saran akan memberikan definisi cinta versinya masing2...
tinggallah saya yang tahu gimana perasaan saya ini...
katanya kalao orang jatuh cinta itu jadi berdebar2 tiap ketemu...
tapi saya juga berdebar-debar kok tiap ketemu dosen saya yang sudah jadi ibu beranak dua...hehehe...
terus katanya apa lagi ya kalo lagi jatuh cinta?
ah, lupa....
and now, apakah saya sedang jatuh cinta?
hmmm....
mungkin iya...:)
bisa juga tidak...
tapi...
saya berharap saya sedang jatuh cinta,
ya,
jatuh cinta setiap hari pada orang yang sama,
pada dia yang rela membagi 'dirinya' untuk saya,
pada dia yang bisa memarahi saya saat saya mulai membandel,
pada dia yang membuat saya bisa menangis dan tertawa dalam waktu yang sama,
pada dia yang tanpa saya sadari sudah menjadi motivasi buat saya...
saya berharap saya sedang jatuh cinta pada dia yang itu...hehehe...
norak?
kalo kata saya, semua orang yang jatuh cinta itu memang jadi norak!!
hahaha...
sudah ah,
selamat jatuh cinta...
Friday, November 02, 2007
aaarrrgh...
dari kemaren2 gw pengen mosting poto di sini kok ga bisa2???
warnetnya nyebelin...:(
*ngambek*
